Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgBiU4EgXWIZnsm3Cx8-NshRAPWxQi5xnUDCZ3z1yaCfbk9bchQqx1SHperzvfVRh2coy2KNvwF1K6soYDFIW-elkI6x19KV6p25hFhNxyylVrXV26-WcbJUwtXlkfJcaTgNBhLGSIrHvA/s200/Seperti+Apakah+Aturan+dan+Etika+Bersosialisasi+Di+Dunia+Maya+.png
Secara garis besar ada dua bentuk kode etik atau aturan yang berlaku secara umum pada forum-forum diskusi online pada dunia internet.

1. Kode Etik Explisit
Kode etik jenis ini biasanya tertuang atau terdapat secara jelas pada bagian yang berisi mengenai aturan dari sebuah forum diskusi seperti Terms of Use, Guidelines, Forum Rules, Tata-tertib, Web Site User Agreement atau Aturan-aturan yang secara jelas tertulis pada forum tersebut dan biasanya kita dimintai persetujuan saat mendaftar menjadi anggota. Biasanya calon anggota tidak terlalu membaca secara terperinci mengenai aturan-aturan yang ada dan langsung menyatakan setuju dengan aturan yang diberikan.

2. Aturan Implisit
Aturan atau tata-tertib jenis ini biasanya tidak tertulis secara jelas. Akan tetapi aturan-aturan dan tata-tertib pada forum tersebut biasanya dapat diketahui pada bagian FAQ ( Frequently Ask Question). Ada juga forum-forum yang hanya melukiskan tentang aturan yang sifatnya umum tanpa memerincinya secara detail. Seperti pernyataan ini “ Jika ingin dihargai maka kita harus menghargai orang lain “

Berikut ini adalah 5 kategori tentang aturan-aturan atau etika yang biasa dipakai pada tata-tertib dari forum-forum diskusi online di internet.

1. Aturan yang mengatur tentang hal-hal teknis dari forum.
Forum bersifat terbuka bagi siapa saja dan gratis menjadikan forum sebagai tempat atau ajang untuk berekspresi dan bertukar pikiran tentang ide dan pendapat tentang hal-hal apa saja, kondisi ini bisa menyebabkan adanya pelanggaran atau penyalahgunaan oleh para anggota forum tersebut.
Untuk menghindari penyalahgunaan terhadap faktor-faktor teknis seperti jumlah posting per hari dan lain sebagainya maka perlu diberlakukan aturan-aturan berikut: a. Member atau anggota tidak diperbolehkan untuk melakukan posting lebih dari satu kali.
b. Dalam posting tidak boleh berisi kata-kata atau kalimat yang sangat panjang.
c. Tidak boleh menyertakan gambar atau musik saat posting.
d. Tidak boleh memasukan file yang berisi virus saat posting.
Pelanggaran atas larangan ini bisa menyebabkan beban jaringan bertambah sehingga akses menjadi lambat dan juga bisa merusak fungsi utama dari forum itu sendiri.

2. Aturan untuk mengatur isi dari pesan yang diposting di forum.
a. Anggota tidak boleh menyampaikan pesan yang tidak sesuai subyek dari forum tersebut.
b. Isi posting tidak boleh terdiri atas fitnah, tidak senonoh atau melanggar hukum.
c. Isi posting tidak boleh berisi informasi yang melanggar hak paten, merek dagang, hak cipta atau hak dagang.
d. Isi posting tidak boleh berisi iklan atau penawaran komersial selain yang diperbolehkan dalam forum tersebut (karena beberapa forum diskusi punya tujuan komersil )
e. Isi posting tidak boleh berisi survey, pendataan, kontes dan lainya yang tidak diperbolehkan oleh forum tersebut ( Beberapa forum ada yang bertujuan untuk sekedar mengumpulkan data)

3. Aturan untuk mengatur tujuan penggunaan forum.
a. Anggota tidak boleh merusak nama baik, melecehkan dan mengancam sesama anggota
b. Anggota tidak boleh melakukan hal-hal bisa menyebabkan kebencian dan diskriminasi secara rasial.
c. Anggota tidak boleh melakukan praktik flaming atau trolling atau memusuhi dan menghina sesama pengguna Internet.
d. Anggota tidak boleh melakukan kritikan terhadap pendapat peserta lain secara berlebihan.
e. Mengiklankan produk
f. Melakukan survei.

4. Aturan yang berkaitan dengan masalah identifikasi pribadi.
a. Anggota tidak boleh memberikan keterangan secara setengah-setengah tentang data diri.
b. Anggota tidak boleh menggunakan data orang lain atau perusahaan
c. Anggota tidak boleh memalsukan atau menghapus atribut si penulis
d. Anggota tidak boleh secara memalsukan data diri
e. Anggota tidak boleh menghapus atau mengubah setiap material yang diposting oleh orang lain.

0 Responses